SAATNYA DAN SELAYAKNYA ANDA MENGETAHUI

Jumat, 28 Desember 2012

Mengendalikan Kebutuhan & Perkembangan Pribadi


Individu dalam Kebutuhannya Sebagai Manusia
     Manusia adalah makhluk sosial dan juga makhluk yang mempunyai rohani dan jasmani, sehingga manusia cenderung memiliki kebutuhan-kebutuhan, baik itu secara batin atau mental maupun raga atau fisik. Secara umum, kebutuhan-kebutuhan individu itu berbeda-beda dan sesuai dengan kadar kemampuannya. Namun dengan begitu dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya manusia selalu berusaha mencapai kepuasan dalam kesehariannya, baik untuk mental maupun fisik.
     Kadang kala, anda sebagai individu belum mengetahui betul apa yang sebenarnya di inginkan oleh rohani anda. Anda terlalu terpaku kebutuhan fisik yang mudah untuk di dicapai namun sering mengabaikan kebutuhan mental yang sebenarnya jauh lebih besar pengaruhnya terhadap rohani maupun jasmani anda. Pada dasarnya tubuh kita dapat mengalami kelelahan dan kejenuhan, hal ini disebabkan salah satunya karena kurangnya kepuasan diri terhadap apa yang anda capai saat ini.


Mengenali Kebutuhan-Kebutuhan Anda Sebagai Manusia
     Anda sangat perlu mengenali apa-apa saja yang anda butuhkan untuk menghindari kelelahan dan kejenuhan baik secara fisik, sosial, emosional. Ada tiga cara anda untuk mengenali kebutuhan-kebutuhan ini :
·      Menyadari bahwa perilaku anda mulai berbeda
Anda perlu meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan perilaku anda ketika mulai jenuh atau lelah dan tidak dapat mengendalikan kehidupan anda. Sebagian orang menyikapi kejenuhan secara berbeda. Mereka cenderung menarik diri, bimbang, kurang bersemangat, lesu, dan acuh tak acuh.
·      Mengenali kondisi emosional anda
Deskripsikan keadaan anda saat ini pada diri anda sendiri, gambarkan perasaan pada saat anda merasa terpuruk dan tertekan. Yakinkan diri anda untuk mengenali kondisi anda saat ini, dengan begitu anda tidak memikirkan berlarut-larut tentang apa yang ada butuhkan. Jika emosi-emosi anda mengganggu dan terus berusaha untuk meledak, anda perlu menyadari bahwa semua itu adalah peringatan agar anda lebih memperhatikan diri sendiri.
·      Mendengarkan komentar orang lain tentang anda
Sering kali, anda belum tentu memahami keadaan anda saat ini sepenuhnya, apa yang terjadi kadang belum sepenuhnya tampak pada diri anda. Perubahan yang terjadi pada diri anda, sering nampak di mata orang lain baik itu teman, keluarga, sahabat, ataupun rekan anda yang dekat dengan anda. Ada baiknya dengarkan komentar-komentar orang di sekitar anda, sebab hal tersebut bisa membantu anda untuk mengenali keadaan anda saat itu.

Menjaga Kenyamanan Hidup Anda
     Cara terbaik untuk memperhatikan kebutuhan-kebutuhan anda sendiri adalah menjaga keseimbangan hidup. Secara umum, keseimbangan hidup itu meliputi :
·      Kesehatan fisik
Kita semua tahu bahwa olahraga dan udara bersih sangat mendukung kesehatan badan. Perubahan kondisi otak sebagai hasil dari aktivitas fisik memperlancar, menenangkan, dan menyejukkan kesehatan alami fisik. Sekedar berolahraga ria selama setengah jam setiap hari dapat memperkuat dan membantu menambah energi yang diperlukan oleh kesibukan anda. Selain olahraga, makanan juga menentukan kadar kesehatan fisik anda. Jagalah pola makan anda dan makanlah makanan yang memiliki nilai gizi dan energi.
·      Hiburan
Menjaga diri dari kejenuhan dan kelelahan dapat anda lakukan dengan menghibur diri dan memperoleh hiburan. Dengan menghibur diri, anda dapat menikmati diri sendiri, melepaskan diri dari tekanan, dan merasa segar. Hiburan dapat anda lakukan dengan cara yang sederhana namun bermanfaat, seperti; silaturahmi, jalan-jalan, mengadakan permainan, dan masih banyak yang bisa anda lakukan.
·      Istirahat
Beristirahat sangat efektif untuk melepaskan ketegangan, kelelahan, kepenatan, kejenuhan, maupun tekanan. Istirahat bukan hanya tidur saja, bisa juga dengan ikhtiar, dzikir, meditasi, duduk rileks, dan masih banyak hal lainnya. Efek yang paling mudah dirasakan dari beristirahat adalah meningkatkan kemampuan berpikir dan berkonsentrasi serta menambah daya tahan baik fisik maupun mental.
·      Pergaulan sosial
Hubungan yang harmonis baik itu dengan keluarga, teman, sahabat ataupun dalam lingkungan sosial berdampak sangat besar terhadap kenyamanan hidup. Anda memerlukan tempat dan wadah untuk saling berinteraksi dengan orang lain, kebutuhan yang seperti ini terlihat sepele namun berdampak lebih dari apa yang anda bayangkan. Menjaga pergaulan sosial menjadi sangat penting bagi setiap individu dalam mengendalikan kejenuhan dan kelelahan diri.

Menumbuhkan dan Mengembangkan Pribadi Anda
     Pertumbuhan dan perkembangan pribadi memungkinkan manusia hidup secara lebih memuaskan dan nyaman. Untuk menumbuhkan dan mengembangkan pribadi dibutuhkan proses-proses sebagai berikut :
·      Meningkatkan kesadaran diri
Kesadaran diri berkenaan dengan sosok anda di hadapan orang lain, bagaimana anda menunjukkan kekuatan dan keterbatasan serta kepribadian anda dalam lingkup sosial. Dengan meningkatkan kesadaran diri sendiri, anda akan mampu mengembangkan kepribadian anda ke arah yang lebih baik lagi.
·      Memecahkan masalah-masalah masa lampau dan kini
Ketika anda mampu untuk mendeskripsikan masalah-masalah yang pernah anda alami, otomatis setidaknya setengah daripada solusi masalah tersebut telah anda temukan. Memecahkan masalah bukan berarti anda harus benar-benar tuntas dalam menghadapinya, namun dengan membuat masalah-masalah tersebut jelas tergambarkan, anda mengurangi tekanan mental yang ada dalam masalah tersebut. Hal ini dapat mengembangkan wawasan dan pengalaman anda pribadi.
·      Melihat kembali nilai-nilai pribadi
Cara terbaik untuk melihat kembali nilai-nilai pribadi yang anda miliki adalah dengan mengamati, mengartikulasi, mengelaborasi, dan mengintegrasikan hal-hal yang anda yakini ke dalam kehidupan sosial. Contoh : “anda meyakini kejujuran harus ditegakkan, pada kenyataannya sekarang kebohongan bisa dilakukan demi menjaga kejujuran”. Pemahaman dan pengetahuan yang berlawanan dengan nilai-nilai pribadi anda menimbulkan pertanyaan “mana yang benar?”. Sebaiknya anda sering lakukan konsultasi dan sharing dengan teman dekat anda tentang nilai-nilai yang ada dalam kehidupan sekarang ini.
     Selain itu juga, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk tumbuh dan berkembang dalam mengendalikan dan menjaga kebutuhan-kebutuhan anda :
§  Bergaul dengan orang-orang yang selalu ingin tumbuh dan berkembang.
§  Mengikuti program-program konseling pribadi.
§  Membagi pengalaman-pengalaman anda dalam membantu orang lain.
§  Mendengarkan orang lain yang berbeda nilai dan keyakinan dengan anda, sehingga anda dapat mengulas balik nilai dan keyakinan anda sendiri.
§  Tekun dalam beramal dan beribadah dengan agama yang anda yakini.
§  Mengeksplorasi peluang-peluang untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan konseling anda dalam perkembangan kepribadian anda.
§  Berdiskusi secara rutin dan berkelanjutan dengan kelompok-kelompok yang aktif memberikan wawasan baru bagi anda.

Tidak ada komentar: